Tokoh-tokoh penting yang perlu kamu tahu

Biografi John F Kennedy - Pemimpin Dunia

Biografi John F Kennedy, presiden Amerika Serikat periode 1961 – 1963.

John F Kennedy adalah presiden Amerika termuda kedua. Ia mengawasi salah satu momen paling penting dalam Perang Dingin (Krisis Misil Kuba) dan berusaha untuk menegaskan keyakinan Amerika dalam hal hak asasi manusia dengan menyerukan undang-undang hak-hak sipil dan upaya untuk mengurangi kemiskinan. Kennedy dibunuh di November 22, 1963 - kematian tragis yang mengejutkan Amerika dan dunia.
Lahir pada bulan Mei tahun 1917, John F. Kennedy berasal dari keluarga politik terkenal; ayahnya Joseph Kennedy adalah anggota terkemuka dari Partai Demokrat, dan Joseph mendorong John F. Kennedy di ambisi politiknya setelah perang.

John lulus dari Harvard setelah menyelesaikan tesis tentang " Appeasement in Munich" Tesisnya kemudian diubah menjadi sebuah buku yang sukses - Why England Slept.c

Sebelum America bergabung dalam perang, John bergabung dengan Angkatan Laut dan melihat aksi di seluruh teater Pasifik. Pada bulan Agustus tahun 1943, kapalnya ditabrak oleh kapal perusak Jepang 'Amagiri'. John F Kennedy kemudian dengan berani berusanya menyelamatkan sesama awak. Dia juga dianugerahi Purple Heart untuk sebuah insiden yang kemudian terjadi dalam perang.

Pada tahun 1946, dia memenangkan kursi di Boston untuk US House of Representatives, dan pada tahun 1952 membuat dirinya terpilih menjadi anggota Senat AS, mengalahkan incumbent dari Partai Republik.
Pada tahun 1953, ia menikah dengan Jacqueline Lee Bouvier . Pada tahun 1957 ia dianugerahi Hadiah Pulitzer untuk biografi bukunya 'Profiles in Courage' sebuah buku tentang Senator AS yang berdiri untuk keyakinan pribadi mereka.


Pada tahun 1956, ia hampir dipilih menjadi calon Wakil Presiden untuk kandidat Adlai Stevenson. Eksposur nasional mengangkat profilnya, dan pada tahun 1960 ia terpilih menjadi nominasi Partai Demokrat untuk Kepresidenan.

Pada tahun 1960, dalam pemilihan yang sangat ketat, John F. Kennedy menang tipis  dari seorang Republik, Richard Nixon. Itu adalah pemilihan paling mengesankan dengan jutaan orang terpaku pada TV yang menyiarkan berita pre pemilihan. John F Kennedy tampil sangat baik di TV, tampak lebih santai dan profesional di depan kamera.

Ini adalah pertama kalinya seorang Katolik Roma terpilih sebagai presiden. Hal ini menjadi masalah besar di Amerika di mana banyak orang Protestan tidak percaya dengan prospek Amerika dipengaruhi oleh Vatikan. Dia harus meyakinkan pemilih ia bukan calon Katolik untuk Kepresidenan, tapi seseorang berdiri untuk Presiden yang kebetulan menjadi seorang Katolik.

Selama pelantikannya, JFK memberikan pidato yang mengesankan, di mana ia terkenal mendorong warga untuk membantu bangsa menjadi kuat lagi.

“Ask not what your country can do for you — ask what you can do for your country.”

Dia juga menyerukan internasionalisme yang lebih besar.

“We will make clear that America’s enduring concern is for both peace and freedom; that we are anxious to live in harmony with the Russian people; that we seek no conquests, no satellites, no riches; that we seek only the day when ‘nation shall not lift up sword against nation, neither shall they learn war any more.”

Pada tahun 1961, Kennedy memerintahkan invasi Bay of Pigs di Kuba. Namun, invasi ini mengalami kegagalan yang mengarah ke negosiasi memalukan dengan Fidel Castro  di Kuba.

Pada tahun 1962, dunia begitu dekat dengan perang nuklir selama Krisis Misil Kuba. Uni Soviet memindahkan rudal ke Kuba. Banyak orang militer Amerika yang tertarik pada serangan udara di pangkalan rudal, tetapi Kennedy memilih pendekatan diplomatik dengan lebih berhati-hati. Dia menemukan cara untuk menawarkan jalan keluar pada Khrushchev tanpa kehilangan muka, sambil memastikan rudal telah dihapus dari Kuba.

Ich Bin Ein Berliner 

Pada bulan Juni 1963, Kennedy membuat pidato yang mengesankan di Berlin Barat. Dia mengkritik Soviet sehubungan dengan tembok yang memecah belah Jerman. Dia menyatakan,

“Freedom has many difficulties and democracy is not perfect, but we have never had to put a wall up to keep our people in.”

John F Kennedy dibunuh pada November 1963. Lee Harvey Oswald ditangkap dan diadili atas pembunuhan itu. Namun, sebelum ia bisa mencapai persidangan, Lee Harvey Oswald sendiri dibunuh oleh Jack Ruby. Lee Harvey Oswald selalu mengaku tidak bersalah dan banyak yang percaya pembunuhan itu adalah konspirasi yang lebih luas.

Demikianlah biografi singkat John F Kennedy, presiden Amerika Serikat periode 1961 – 1963.
Share:

0 comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.

Recent Post