Biografi Oki Setiana Dewi - Artis Indonesia

Biografi Oki Setiana Dewi - Artis Indonesia - lahir di Batam pada tanggal 13 Januari 1989. Ia adalah anak pertama dari tiga bersaudara yang kesemuanya perempuan. Orang tua Oki bernama Sulyanto dan Yunifah Lismawati yang merupakan pasangan suami istri berdarah Jawa – Palembang.

Menikah dengan Ory Vitrio yang seorang pengusaha, pada tanggal 12 Januari 2014

Nama Oki Setiana Dewi mulai berkibar ketika dirinya memerankan Anna dalam film Ketika Cinta Bertasbih dilanjutkan dengan sinetronnya. Yang membuat artis wanita ini berbeda selain kecantikannya yang alami dan mempesona adalah jilbab syar’i nya yang menutup seluruh aurat.

Selain Film, Oki juga membintangi beberapa judul sinetron, diantaranya: Ketika Cinta Bertasbih Spesial Ramadhan, Ketika Cinta Bertasbih Meraih Ridho Ilahi, Dari Sujud Ke Sujud, Anak-Anak Manusia

Oki juga selalu kelihatan anggun dan smart serta religius. Sebelum berjilbab, Oki sempat bermain di beberapa FTV namun kemudian berhenti lantaran produser tak mengijinkan pemainnya pakai jilbab. Oki  memutuskan untuk berjilbab pada tahun 2005. Kariernya di dunia seni peran sempat terhenti, sebelum akhirnya memerankan karakter utama perempuan dalam cerita Ketika Cinta Bertasbih.

Kisah Oki ketika memutuskan memakai jilbab adalah ketika sang bunda terserang sakit yang kata dokter sudah sulit disembuhkan. Mendengar itu Oki jadi sangat sedih. Ia pun lalu memutuskan untuk berjilbab agar bisa lebih khusyuk mendoakan kedua orang tuanya terutama bundanya.




Pendidikan dan Prestasi Lain
Sejak tahun 2005, keluarga Oki hijrah dan menetap di Jawa tepatnya di Depok. Oki sendiri menyelesaikan SMA nya juga di SMAN1 Depok. Oki termasuk siswa yang pintar hingga bisa diterima di Universitas Indonesia.

Oki Setiana Dewi menyelesaikan kuliahnya di Universitas Indonesia, Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya pada tahun 2012. Aktris dengan ikon muslimah ini telah banyak menginspirasi remaja tanah air. Ia menjadi mahasiswi terbaik dan berprestasi di kampusnya yakni sebagai mahasiswi baru terbaik OKK UI 2007, mahasiswi baru terbaik PSA MABIM FIB UI 2007, serta mahasiswi berprestasi bidang seni FIB UI 2010. Usai meraih gelar sarjana, Oki menjadi santriwati program Tahfidzul Qur’an di Rumah Qur’an yang terletak di Depok. Lalu, ia mempelajari bahasa arab di Universitas Umm Al Qura di Makkah pada tahun 2012. Pada tahun yang sama, kecintaannya pada dunia pendidikan dan anak-anak, Oki melanjutkan studi pascasarjananya di bidang studi Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di Universitas Negeri Jakarta (UNJ).

Ketika SMA, Oki selalu langganan menjadi juara kelas. Ia juga sering mewakili sekolahnya dalam berbagai perlombaan akademis dan non akademis.

Dalam hal perfilm-an, tak diragukan lagi prestasi Oki. Banyak gelar telah disabetnya. Berikut ini rentetan daftar prestasi Oki di perfilm-an Indonesia :

•   Aktis Wanita Terbaik versi Islamic Movie days
•   Aktris Pendatang Baru wanita terbaik
•  Aktris pendatang baru wanita terfavorit untuk film Ketika Cinta Bertasbih di Indonesia Movie Awards 2010.

Penulis

Biografi Oki Setiana Dewi - Artis Indonesia- Oki juga merambah dunia kepenulisan, beberapa judul bukunya adalah Melukis Pelangi ; Catatan Hati Oki Setiana Dewi : 2011, Sejuta Pelangi ; Pernik Cinta Oki Setiana Dewi : 2012, Cahaya Di Atas cahaya ; Perjalanan Spiritual Oki Setiana Dewi : 2012, Hijab I'm In Love : 2013, Dekapan Kematian : 2013, Ketika Guru SD Sakit

 Dalam bukunya yang berjudul Hijab I’m In Love, merupakan karyanya yang paling berbeda karena ia juga mengeluarkan album perdananya dengan judul yang sama.Dalam  album Hijab Im in Love (2013) ini dinyanyikan bersama adiknya bernama Shindy.

Kegiatan Lain
Oki juga sering mengisi seminar kemuslimahan dan kepemudaan. Oki juga meluangkan waktunya mengajar ngaji di TPA untuk anak-anak dan ibu-ibu. Oki juga memiliki komunitas sendiri yaitu Sahabat Oki Setiana Dewi atau SOSD yang telah memiliki member beribu orang baik itu di Indonesia dan juga di luar negeri. Bersama komunitas tersebut, Oki menggalakkan kegiatan DMKM yaitu Dari Masjid ke Masjid dan juga program “Yuk Mengaji, Al Qur’an di Hati” dimana pelaksanaannya juga menyentuh lingkungan Lapas Wanita Tangerang.
Kecerdasan dan prestasi Oki juga diakui ketika dirinya ditunjuk sebagai duta untuk Anak-anak Rumah Autis (2012) dan duta Internet Sehat dan Aman oleh kementrian Komunikasi dan Informatika 2010.

Motivator Muslimah
Bersama komunitasnya ‘Sahabat Oki Setiana Dewi’ (SOSD / @sahabatosd) yang tersebar di seluruh Indonesia dan Malaysia,  Oki Setiana Dewi memiliki beberapa agenda yakni DMKM (dari masjid ke masjid), dan program mengajarkan mengaji bertajuk ‘Yuk Mengaji, Al Qur’an di Hati’ yang telah dijalankan sejak Oktober 2011 silam dan berlangsung sepekan sekali yang diadakan di Lapas / penjara wanita Tangerang.

No comments:

Post a Comment