Biografi Michael Jordan - Atlet basket Dunia

Biografi Michael Jordan - Michael Jordan merupakan salah satu atlet basket terbaik dunia. Sempat pensiuan dua kali sebelum akhirnya benar-benar pensiun untuk ketiga kalinya dari basket. Pensiun keduanya dilakukannya untuk menjadi atlet baseball walaupun itu hanya sementara.

Merebut kejuaraan National Basketball Association bersama klubnya sampai enam kali, dia merupakan tokoh legendaries dari dunia basket dunia.  Prestasinya membuat produknya, Nike Jordan sneakers Air, yang diperkenalkan pada tahun 1985 tetap populer sampai sekarang. 

Kehidupan pribadi
Bernama asli Michael Jeffrey Jordan, dia lahir di Brooklyn, New York, Amerika Serikat, 17 Februari 1963. Orangtuanya,  Deloris, yang bekerja di perbankan, dan James R. Jordan, Sr , seorang pengawas peralatan. Keluarganya pindah ke Wilmington , North Carolina, ketika ia masih balita.
Jordan adalah yang keempat dari lima bersaudara. Dia memiliki dua kakak, Larry Jordan dan James R. Jordan, Jr, salah satu kakak, Deloris, dan seorang adik perempuan, Roslyn. James, saudara Jordan pensiun pada 2006 sebagai Komando Sersan Mayor dari Signal Brigade ke-35 dari XVIII Airborne Corps di Angkatan Darat AS

 Jordan suka bermain baseball ketika dia masih anak-anak, dan jugabermain basket dan sepak bola. Kecintaannya untuk basket dimulaiketika kakaknya, Larry, terus mengalahkannya dalam permainan satulawan satu. Layaknya tantangan yang ada di depan mata, inimembuat Jordan bertekad untuk menjadi pemain yang lebih baik.

Jordan bermain basket untuk Laney High School di Wilmington, NorthCarolina. Ironisnya, Jordan disisihkan dari tim universitas sebagaimahasiswa tahun kedua. Alih-alih menyerah setelah gagal membuat tim, Jordan menggunakannya untuk memacu diri untuk lebih prestasi,berlatih berjam-jam di lapangan. "Setiap kali saya bekerja dan sudahbosan dan pikir saya harus berhenti, aku akan menutup mataku danmelihat daftar itu di ruang ganti tanpa nama saya di atasnya," kata Jordan, "dan itu yang biasanya membuat saya pergi lagi." Diaakhirnya dapat masuk kedalam tim dan memimpin ke kejuaraannegara bagian.

 Jordan menerima beasiswa sebagai atlit basket dari University of North Carolina.Sebagai mahasiswa, Jordan masa populernya dimulai ketika ia mencetak "game winningpoint" di kejuaraan NCAA tahun 1982 melawan Georgetown Hoyas. Jordan terpilih menjadipemain terbaik di tingkat college di musim 1983-84, dan memimpin US Men's Basketball Team untuk meraih Medali Emas Olimpiade pada Olimpiade Musim Panas 1984 di bawahasuhan pelatih Bobby Knight.

Pada tahun 1985, ia bertemu dengan Juanita Vanoy dan menikah pada tanggal 2 September 1989 di Little White Chapel (Las Vegas). Dari pernikahan mereka lahir tiga anak, yaitu Jeffrey, Marcus, dan Jasmine. Mereka bercerai setelah 17 tahun mempertahankan pernikahannya. Bahkan, keduanya sama-sama mengaku sudah tinggal terpisah sejak Februari 2006. Puncaknya terjadi pada tahun 2002. Ketika itu, ia mengaku bahwa dirinya membayar Karla Knafel sebesar US$ 250 ribu untuk menjaga kerahasiaan hubungan. Knafel mengatakan bahwa Jordan menyebut pernikahannya sebagai "hubungan bisnis".

Mendengar hal itu, Juanita langsung mengajukan tuntutan cerai dan meminta separo dari total kekayaannya yang disebut mencapai US$ 400 juta (sekitar Rp 3,6 triliun). Juanita juga menuntut kepemilikan rumah mewah dan hak asuh ketiga anak. Jordan kemudian bekerja keras menyelamatkan bahtera rumah tangganya. Sebulan kemudian, Juanita membatalkan tuntutannya.
Sejak Februari 2006, Juanita tinggal di Highland Park (Illinois), sedang Jordan di pusat Chicago. Akhirnya, keduanya memutuskan berpisah dan berbagi aset sekaligus hak asuh anak. Sidang perceraian berlangsung di Lake County, Amerika Serikat.

Karir Profesional:
1.    Awal-awal di NBA tahun 1984-1987
1.    Pistons roadblock tahun 1987-1990
2.    First three-peat (1991–1993)
3.    Pensiun pertama dan karir bisbol (1993-1994)
4.    Kembali ke NBA tahun 1995
5.    Second three-peat (1995–1998)
6.    Pensiun Kedua tahun 1999-2001
7.    Kembali ke Washington Wizards (2001–2003)
8.    Pensiun ketiga tanggal 11 April 2003


Jordan lulus dari bangku kuliah dan memasuki NBA pada tahun 1984, ia dipilih melalui "pilihanke tiga" - third pick (First pick: Houston - Hakeem Olajuwon; kedua memilih: Portland - SamBowie) oleh Chicago Bulls, sebuah tim yang hanya memenangkan 28 games musimsebelumnya.
Ironisnya, Jordan bermain di pertandingan pertamanya sebagai pemain pro menghadapi Washington pada tanggal 26 Oktober 1984. Jordan langsung memberikandampak yang berarti di liga dan membuktikan bahwa dia termasuk di antara para pemain elit. Jordan menyelesaikan musim tersebut sebagai salah satu top skor di liga, rata-rata 28,2 poinper game, di nobatkan sebagai Rookie of the Year, dan juga bermain dalam tim All-Star. Jordan juga memimpin Bulls ke playoffs di setiap musimnya, tetepi tidak pernah masuk kefinal NBA sampai tahun 1991, di mana dia memimpin Bulls menjadi juara NBA yang pertamadari tiga kali juara berturut-turut (1991, 1992, dan 1993).

Meskipun Jordan pensiun dari basket tiba-tiba pada awal musim NBA 1993-1994 untuk mengejar karir di bisbol, ia bergabung kembali dengan Bulls pada tahun 1995 dan membawa mereka ke tiga kejuaraan tambahan (1996, 1997, dan 1998) serta NBA- rekor 72 musim reguler menang pada musim NBA 1995-96. Jordan pensiun untuk kedua kalinya pada tahun 1999, namun kembali untuk dua musim NBA lebih pada tahun 2001 sebagai anggota dari Washington Wizards.Jordan memiliki prestasi  lima penghargaan MVP, sepuluh All-NBA First Team, sembilan All-Defensive First Team , empat belas NBA All-Star Team, tiga All-Star Game MVP, sepuluh kali pencetak angka terbanyak, tiga kali pencetak steals terbanyak, enam NBA Finals.

MVP, dan 1988 Pemain NBA Defensive of the Year . Dia memegang rekor NBA untuk rata-rata musim karir tertinggi skor reguler (30,12 poin per game) dan karir playoff rata skor tertinggi (33,45 poin per game).

Pasca pensiun
Setelah pensiun ketiga kalinya, Jordan diasumsikan bahwa ia akan mampu kembali ke posisinya sebagai front office Direktur Basketball Operations dengan Wizards. Namun, masa sebelumnya di kantor depan Wizards 'telah menghasilkan hasil yang beragam tersebut dan mungkin juga telah mempengaruhi perdagangan Richard "Rip" Hamilton untuk Jerry Stackhouse (meskipun Jordan tidak secara teknis Direktur Basketball Operations pada tahun 2002). Pada tanggal 7 Mei 2003, pemilik Wizards Abe Pollin memecat Jordan sebagai Presiden Washington Basket Operasi.  Jordan kemudian menyatakan bahwa ia merasa dikhianati, dan bahwa jika ia tahu ia akan dipecat setelah pensiun ia tidak akan pernah datang kembali untuk bermain bagi Wizards.

Jordan terus sibuk selama beberapa tahun ke depan dengan tetap bugar, bermain golf di turnamen selebriti amal, menghabiskan waktu bersama keluarganya di Chicago, mempromosikan clothing Jordan Brand, dan mengendarai sepeda motor.  Sejak tahun 2004, Jordan telah memiliki Michael Jordan Motorsports, kursus sepeda motor tim balap jalan profesional yang bersaing dengan dua Suzukis di kelas Superbike utama dan disetujui oleh American Motorcyclist Association (AMA). Jordan dan saat itu istrinya Juanita menjanjikan $ 5 juta untuk Chicago Hales Franciscan SMA pada tahun 2006, dan Jordan Brand telah membuat sumbangan untuk Habitat for Humanity dan Louisiana cabang dari Boys & Girls Club of America.

Demikian  Biografi Michael Jordan,  yang menikahi mode Amerika-Kuba bernama Yvette Prieto, tanggal 27 April 2013,  Pada tanggal 11 Februari 2014 Prieto melahirkan putri kembar identik bernama Victoria dan Ysabel.

No comments:

Post a Comment