Tokoh-tokoh penting yang perlu kamu tahu

Biografi Taylor Swift - Penyanyi Country

Biografi taylor Swift - Penyanyi Country- Taylor Swift adalah seorang penyanyi terkenal yang mempunyai aliran musik Country. lagi-lagunya sering diidentikan dengan kisah pribadi yang dilagukan. Tidak hanya prestasi musiknya, kehidupan pribadinya juga kerap menjadi sorotan media.


Kehidupan Awal
Swift lahir pada tanggal 13 Desember 1989 di Reading, Pennsylvania, dan besar di Wyomissing, Pennsylvania. Dia adalah putri dari Andrea Gardner, seorang ibu rumah tangga yang dulunya bekerja di bidang keuangan, dan Scott Kingsley Swift, seorang pialang saham. Neneknya dari pihak ibu, Marjorie Finlay adalah seorang penyanyi opera. Swift mempunyai seorang adik laki-laki bernama Austin.

Ketika Swift duduk di kelas empat, dia memenangkan sebuah kontes puisi nasional dengan puisi sepanjang tiga halaman berjudul "Monster in My Closet". Di usia sepuluh tahun,seorang tukang komputer menunjukkannya cara memainkan tiga akor pada sebuah gitar yang memicu minatnya untuk mempelajari instrumen tersebut. Setelah itu Swift pun menulis lagu pertamanya, "Lucky You". Saat Swift berumur 12 tahun, dia menggunakan seluruh waktu liburan musim panasnya untuk menulis sebuah novel sepanjang 350 halaman yang tidak pernah diterbitkan. Swift adalah seorang korban bullying, dan dia menghabiskan waktu luangnya dengan menulis lagu untuk mengekspresikan perasaannya.Dia juga mulai tampil di kontes karaoke dan festival-festival lokal.

Swift mulai teratur mengunjungi Nashville, Tennessee, dan bekerja dengan para penulis lagu lokal. Saat dia berumur 14 tahun, keluarganya pindah ke Nashville.Penampilan besar pertamanya adalah sebuah pertunjukan yang diterima baik di Bloomsburg Fair. Di Tennessee, Swift bersekolah di Hendersonville High School, namun dia kemudian beralih ke homeschooling saat SMA. Pada tahun 2008, dia berhasil mendapatkan ijazah SMA-nya.


Pengaruh terbesar Swift dalam bidang musik adalah Shania Twain. Orang-orang lain yang juga memberinya pengaruh adalah LeAnn Rimes, Tina Turner, Dolly Parton, dan nenek Swift sendiri. Meskipun neneknya adalah seorang penyanyi opera profesional, selera musik Swift selalu lebih condong ke country. Dia juga mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada Dixie Chicks karena sudah menunjukkan dampak yang dapat diperoleh seseorang dari "memperlebar batasan-batasan”

Karier bermusik
Pada tahun 2006, ia merilis singel debut "Tim McGraw", disusul album debutnya yang berjudul Taylor Swift kemudian disertifikasi multi-platinum oleh Recording Industry Association of America . album Taylor Swift telah terjual sebanyak 3 juta kopi di US. Ia pun sempat meraih nominasi Grammy Award untuk Best New Artist, tapi lolos ke Amy Winehouse.

Swift merilis album keduanya, Fearless pada November 2008 dan langsung sangat sukses. Pada awal pembukaannya, album tersebut terjual sebanyak 592,300 kopi, merupakan jumlah terbanyak untuk seluruh artis wanita pada tahun 2008. Hanya dalam dua bulan, album tersebut sukses terjual 2,2 juta kopi. Empat singel dirilis sebagai singel promosi dari Fearless, dan keempatnya mendapatkan sambutan yang sangat meriah. Singel tersebut adalah "Change", "Fearless", "You're Not Sorry", dan "You Belong with Me". Singel yang pertama dirilis adalah "Love Story", dengan gaya a la zaman dahulu, lagu ini menjadi lagu internasional Swift yang pertama.

"White Horse" ditunjuk sebagai singel kedua yang dirilis, berhasil meraih dua Grammy Award sekaligus untuk Best Country Song dan Best Female Country Vocal Performance.

Pada tanggal 13 September 2009, tepatnya acara MTV Video Music Awards digelar. Swift berhasil memenangkan sebuah piala untuk Best Female Video untuk videonya "You Belong with Me".Namun, saat sedang berpidato untuk kemenangannya, rapper Kanye West dengan santai maju kepanggung dan merebut mikrofon yang dipegang Swift,dan menyatakan bahwa video dari Beyonce yang berjudul "Single Ladies" lah yang harusnya menang, bukan video Swift. Kanye West lalu diusir dari acara,dan saat Beyonce memenangkan Video of the Year, penghargaan tertinggi malam itu,ia mengundang Swift untuk kembali maju dan menyelesaikan pidatonya. Swift setuju dan ia menyelesaikan pidatonya malam itu. Insiden ini menyedot perhatian banyak artis,termasuk para nominator Best Female Video lainnya, seperti Pink, Katy Perry, Lady Gaga, serta Kelly Clarkson, yang kompak setuju bahwa video Swift boleh-boleh saja menang.


 
Album Fearless ini berhasil mendapatkan predikat Album of The Year untuk Grammy Awards, Country Music Association Awards, Academy of Country Music Awards dan American Music Awards pada tahun yang sama membuat album ini menjadi album yang paling dihargai dalam sejarah musik country.

Swift lalu muncul dalam film Valentine's Day, dan menyanyikan lagu utama dalam soundtracknya, yang berjudul "Today Was a Fairytale". Reaksi lagu ini sangat dahsyat, dan dalam seminggu lagu ini telah terjual 325.000 kopi, dan langsung mendapatkan posisi 2 di Billboard Hot 100. Mengalahkan rekor yang sebelumnya dipegang Britney Spears dan lagunya "Womanizer" yang terjual 280.000 kopi pada minggu pertamanya.

Swift merilis album ketiganya bertitel Speak Now pada 25 Oktober 2010 dan laku terjual menembus angka satu juta kopi dalam minggu pertama, yaitu 1,047,000 hanya pada minggu pertamanya. Pada tahun 2011, Taylor Swift berhasil merebut julukan Entertainer of The Year pada Accosiation of Country Music Awards membuatnya menjadi artis termuda yang pernah memenangkan penghargaan tertinggi itu. Di tahun yang sama, Taylor Swift juga merebut julukan Entertainer of The Year untuk kedua kalinya di Country Music Associaton awards membuatnya menjadi aktris kedua sesudah Barbara Mandrell yang pernah mendapat julukan Entertainer of The Year 2 kali. Swift juga memenangkan predikat Artist of The Year untuk kedua kalinya pada ajang penghargaan American Music Awards. Pada tahun yang sama, Taylor Swift dijuluki "Woman of The Year" oleh majalah Billboard dan sekaligus penyanyi yang memperoleh pemasukkan terbanyak dengan $35 juta.

Swift merilis album terbarunya, Red pada bulan oktober tahun 2012.Reaksi untuk album ini sangat meriah, dengan mudah mematahkan rekor album Speak Now sebelumnya dengan menjual 1,208,000 kopi pada minggu pertamanya saja. "RED" pun banyak dipuji oleh kritikus, kebanyakan menyukai musikal Swift yang berfikir "Out of the box" menikmati Swift bereksperimen dengan genre musik baru seperti arena rock dan folk

Demikian biografi Taylor Swift yang singkatnya menjadi penyanyi dunia yang sangat digemari hingga di Indonesia.
Share:

0 comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.

Recent Post