Tokoh-tokoh penting yang perlu kamu tahu

Biografi Lionel Messi - Kapten Tim Nasional Sepak Bola Argentina

Biografi Lionel Messi - Kapten Tim Nasional Sepak Bola Argentina - Dia salah satu pemain sepak bola terbaik di Argentina dan juga dunia. Lionel Messi menjadi idola dan seorang pencetak gol terbanyak di klub Barcelona sepanjang masa.

Prestasi
Lionel Messi adalah seorang pemain sepak bola Argentina yang saat ini bermain untuk FC Barcelona dan merupakan kapten tim nasional sepak bola Argentina, bermain sebagai penyerang. Ia adalah pencetak gol terbanyak Barcelona sepanjang sejarah.   Di usia 21 tahun, Messi telah dinominasikan untuk Ballon d'Or dan Pemain Terbaik Dunia FIFA. Pada 2009, ia memenangi Ballon d'Or dan Pemain Terbaik Dunia FIFA dan penghargaan pertama FIFA Ballon d`Or pada 2010 dan 2011.
Messi adalah pemain keempat yang menjuarai tiga Ballon d`Or, dan pemain kedua yang memenangi Ballon d`Or dua kali berturut-turut. Ia telah menjuarai lima La Liga, dua Copa del Rey, lima Supercopa de Espana, tiga Liga Champions UEFA, dua Piala Super Eropa dan dua Piala Dunia Klub. Pada 2012, ia mencetak rekor Liga Champions UEFA dengan menjadi pemain pertama yang mencetak lima gol dalam satu pertandingan. Ia juga menyamai rekor 14 gol Jose Altafini di satu musim Liga Champions. Ia juga mencetak rekor untuk gol terbanyak dalam satu musim pada musim 2011-12, dengan 73 gol. Di musim yang sama, ia mencetak rekor pencetak gol terbanyak La Liga dalam satu musim, 50 gol.

Messi adalah pencetak gol terbanyak Piala Dunia FIFA U20 2005 dengan lima gol. Pada 2005, ia menjadi orang Argentina termuda yang bermain di Piala Dunia FIFA dan memenangi medali perak di Copa América 2007, dimana ia menjadi pemain muda terbaik. Gaya permainannya mengundang perbandingan dengan Diego Maradona, yang telah mengumumkan Messi.

Musim 2011-2012 bisa dibilang sebagai masa keemasan Messi. Ia telah mencetak 232 gol sepanjang karirnya, mengalahkan pemegang rekor sebelumnya Cesar Rodriguez. Ia juga tercatat sebagai pemain pertama dalam sejarah yang dianugerahi 4 kali gelar Pemain Terbaik Dunia di FIFA Ballon d'Or (2009-2012). Kemenangan berturut-turut juga berhasil dicapai Messi saat ia tiga kali menang penghargaan Sepatu Emas yang biasa diberikan untuk pemain terbaik di kancah Eropa.




Messi juga mengoleksi penghargaan dari UEFA diantaranya 4 kali Top Skorer di Liga Champions (2009-2012), Pemain Terbaik UEFA 2011 (Best Player in Europe Award) dan Man of the Match di final Liga Champions 2011. Sedangkan kontribusinya untuk Barca yakni mengantarkan klub menang 6 trofi La Liga Spanyol, 2 Copa del Rey, 5 gelar juara Super Copa serta 4 piala Liga Champions.

Kehidupan Pribadi

Lionel Messi lahir di Rosario, 24 Juni 1987. Lahir di keluarga yang sederhana, dari pasangan Jorge Horácio Messi, seorang pekerja pabrik besi dan Celia María Cuccittini, seorang pembersih paruh waktu. Ia mempunyai dua orang kakak laki-laki, Rodrigo dan Matías, dan seorang saudara perempuan, María Sol. Di usia lima tahun, Messi mulai bermain sepak bola untuk Grandoli, klub sepak bola lokal yang dilatih ayahnya, Jorge. Pada 1995, Messi bergabung dengan Newell's Old Boys yang berbasis di kampung halamannya, Rosario. Ia menjadi bagian dari pasukan lokal yang hanya kalah sekali dari empat tahun, dan dikenal sebagai "Mesin 87", dari tahun kelahiran mereka.

Pada usia 11 tahun, Messi didiagnosa menderita kekurangan hormon pertumbuhan. Tim elit River Plate berminat atas perkembangannya, tetapi mereka tak punya uang cukup untuk pengobatannya, yang mencapai $900 per bulan. Carles Rexach, direktur olahraga FC Barcelona, telah menemukan talente Messi karena ia mempunyai kerabat di Lleida, dan ayahnya mengatur uji coba bersama tim tersebut. Rexach, tanpa membawa kertas di tangan pada saat itu, mengajukan tawaran kontrak pada Messi di atas serbet makan dari kertas. Barcelona menawarkan untuk membiayai pengobatan Messi jika ia mau pindah ke Spanyol. Messi dan ayahnya lalu pindah ke Barcelona, dan ia masuk ke akademi muda klub.

Messi menjalani hubungan romantis dengan Macarena Lemos, yang juga berasal dari kampung halamannya di Rosario. Sebelumnya, dia juga pernah dikaitkan dengan Model glamor Argentina Luciana Salazar. Pada Januari 2009 ia mengatakan "Hat Trick Barca", sebuah program di Canal 33:"Aku sudah punya pacar dan dia tinggal di Argentina saya santai dan bahagia". Ia juga terlihat dengan gadis, Antonella Roccuzzo di sebuah karnaval di Sitges setelah deby Barcelona-Espanyol. Roccuzzo adalah penduduk asli sesama Rosario. Pada tanggal 2 November 2012, Messi menjadi seorang ayah untuk pertama kalinya setelah kelahiran anaknya Thiago. Situs resmi FC Barcelona secara singkat menyatakan "Leo Messi adalah seorang ayah". Selain itu, striker Argentina menambahkan pada halaman Facebook-nya: "Hari ini aku orang paling bahagia di dunia, anak saya lahir dan terima kasih kepada Tuhan karena karunia ini" Pada Maret 2013, Messi membayar persembahan sykur atas anaknya Thiago dengan telah memiliki namanya dan mencetak kelapa kecil tergores di betis kirinya.

Pada tahun 2007 Messi mendirikan Leo Messi Foundation, sebuah badan amal yang mendukung akses ke perawatan pendidikan dan kesehatan bagi anak-anak yang tidak mampu. Pada 11 Maret 2010 Messi mengumumkan sebagai duta besar untuk UNICEF. Messi dalam kegiatan sebagai duta UNICEF ditujukan untuk mendukung hak-hak anak. Messi didukung dalam hal ini oleh FC Barcelona, yang juga memiliki hubungan yang kuat dengan UNICEF.

Pada bulan Maret 2010, France Football menempatkan Messi di daftar teratas sebagai pemain terkaya di dunia, di depan David Beckham dan Cristiano Ronaldo, dengan £ 29.600.000 (€ 33 juta) dalam pendapatan gabungan dari gaji, bonus dan laba di luar sepak bola.  kekayaan bersihnya diperkirakan sebesar $ 110 juta.

Pada Desember 2012, FC Barcelona mengumumkan bahwa Messi akan menandatangani perpanjangan kontrak 5 tahun yang akan membuatnya tetap di FC Barcelona sampai 2018 dan meningkatkan gaji pokok sebesar € 16.000.000 net ($ 21.200.000), yang akan membuatnya pemain dengan gaji tertinggi dalam dunia sepak bola. Sebagai braket pajak untuk tingkat pendapatan di Spanyol adalah 56%, itu berarti bahwa Barca harus membayar pajak penghasilan Messi dari sedikit lebih dari € 20 juta ($ 26.500.000). klausul buy-out formalnya tetap di € 250 juta.


Karier Sepakbola
Barcelona merupakan tempat pertama ia bermain sepakbola secara professional. Messi bermain untuk tim junior Barca, Infantil B dan Cadete B & A dari 2000 sampai 2003 (mencetak 37 gol dari 30 laga di Cadete A). Selain itu juga di Juvenil B (satu gol), dan dipromosikan ke Juvenil A (14 laga, 21 gol). Kemudian ia tampil untuk FC Barcelona C di Tercera División, pada 29 November 2003 dan untuk FC Barcelona B di Segunda División B pada 6 Maret 2004. Messi telah tampil secara resmi untuk pertama kali untuk tim utama pada 16 November 2003 dalam usia 16 tahun dan 145 hari, di sebuah laga persahabatan melawan FC Porto.


Saat ia mencetak gol senior pertamanya menghadapi Albacete Balompié pada 1 Mei 2005, Messi berusia 15 tahun, 10 bulan dan 7 hari, menjadi pencetak gol termuda dalam sejarah Barcelona.
Karir Messi di Barcelona semakin gemilang. Hal itu terbukti dari perpanjangan kontrak yang dilakukan oleh klub bola merah-ungu tersebut kepadanya hingga Juni 2014. Musim 2005-2006 menjadi saksi kehebatan Messi. Ia menyumbangkan 6 gol dari total 17 liga. Sayangnya aksi Messi terhenti karena cedera otot di paha kanan saat melawan Chelsea di Liga Champions, Maret 2006. Dia pun tak lagi main sampai musim kompetisi berakhir.

Setahun setelah cedera, penerus Ronaldinho ini comeback gemilang di laga derby melawan musuh bebuyutan Barcelona, Real Madrid. Lulusan sekolah La Masia itu sukses mencetak hattrick di laga El Clasico meski akhirnya pertandingan imbang 3-3. Hattrick Messi diakui mampu memotivasi para pemain kala itu.

Selain prestasi bersama FC Barcelona, Messi menunjukkan pencapaian yang memuaskan ketika membela Timnas Argentina. Kemenangan Argentina bersama Messi diantaranya Juara Piala Dunia U-20 2005 dan Juara Olimpiade Beijing 2008. Ayah dari Thiago Messi itu debut bersama Tim Tango Senior 17 Agustus 2005 dan menjadi pemain Argentina termuda (18 tahun 357 hari) yang berlaga di Piala Dunia 2006.

Karier Sepakbola Internasional

Pada Juni 2004, ia memulai debutnya bagi Argentina, bermain di pertandingan persahabatan U-20 melawan Paraguay. Pada Piala Dunia 2006, ia dibantu oleh Hernán Crespo dalam hitungan menit memasuki permainan dan juga mencetak gol terakhir dalam kemenangan 6-0, membuat dia pencetak gol termuda di turnamen dan pencetak gol termuda keenam dalam sejarah Piala Dunia. Messi mulai dalam mengikuti imbang Argentina 0-0 melawan Belanda.

Messi memainkan seluruh pertandingan pada pertandingan pembuka Argentina di Piala Dunia 2010, kemenangan 1-0 melawan Nigeria. Dia beberapa peluang untuk mencetak gol tetapi berulang kali ditolak oleh Vincent Enyeama Messi dimulai pada setelah Argentina menang 4-1 melawan Korea Republik. Ia berpartisipasi dalam semua gol timnya dan membantu Gonzalo Higuain mencetak hat-trick. Pada pertandingan kelompok ketiga dan terakhir tahap Messi kapten saat Argentina menang 2-0 atas Yunani, sekali lagi menjadi Centrepoint bermain Argentina dan terpilih man of the match.

Pada babak 16 dia dibantu Carlos Tévez untuk gol pertama dalam kemenangan 3-1 melawan Meksiko. Wasit diberikan bahwa gol meskipun itu jelas offside. Piala Dunia untuk Argentina berakhir dengan hilangnya 4-0 melawan Jerman di perempat final.

Share:

1 comment:

  1. Very cool. Wonder when some slag will come out and say that MS employees play for Phil to increase the numbers and that he never actually plays himself.
    I believed from the beginning that they were making huge mistakes with the DRM, etc.,
    togel singapura

    nonton online

    http://newpoin4d.blogspot.com/

    ReplyDelete

Powered by Blogger.

Recent Post